Biji Rami (Flax Seed)

Biji Rami (Flax Seed)

bijirami

Berkhasiat untuk: Kolesterol, darah, kanker, meningkatkan fungsi hati


Harga sekitar Rp. 30.000 per 250 gr basah. bisa dibeli di sini.


Biji rami atau disebut juga linseed oil merupakan tanaman yang banyak ditemukan dan tumbuh di padang rumput di Kanada Barat. Tanaman berbunga biru ini sangat kaya akan minyak yang bermanfaat bagi tubuh. Minyak biji rami adalah minyak alami yang sangat direkomendasikan sumber gizi yang diperlukan oleh tubuh dan dianggap sebagai minyak yang paling kaya dengan omega 3.

Minyak biji rami menurut penelitan dunia kedokteran kaya akan omega-6 dan omega 9, vitamin B, kalium, lesitin, magnesium, serat, protein, dan seng dan juga menyediakan sekitar 50% omega-3, lebih banyak dari kandungan omega 3 yang terdapat pada minyak ikan. Dan tentunya, tanpa bau amis!

Untuk itu para ahli gizi, peneliti, dan ilmuwan merekomendasikan bahwa minyak biji rami bisa menjadi suplemen kesehatan paling penting setelah multivitamin. Hampir setiap sistem dalam tubuh bisa mendapatkan keuntungan dari minyak biji rami, termasuk sistem kardiovaskuler, sistem kekebalan tubuh, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem saraf, serta persendian.

Beberapa studi medis juga telah membuktikan bahwa minyak biji rami cukup efektif menyembuhkan banyak penyakit degeneratif seperti beberapa studi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak biji rami mengandung lignan 100x lebih banyak daripada biji-bijian lain. Dan orang yang memiliki nilai lignan tinggi pada diet mereka, akan cenderung untuk tidak terkena kanker usus besar dan kanker payudara. Sebuah studi lain menunjukkan bahwa Omega-3 asam lemak pada minyak biji rami membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida darah, serta mencegah pembekuan dalam pembuluh darah, yang dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung dan trombosis.

Manfaat lain dari Biji Rami atau flexseed oil diantaranya:

  • Membantu melindungi tubuh terhadap tekanan darah tinggi, peradangan, retensi air, dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  • Memperpendek waktu pemulihan otot-otot setelah bekerja atau berolahraga dan meningkatkan produksi energi tubuh dan juga meningkatkan stamina.
  • Meringankan berat badan pada orang yang menderita obesitas dan mempermudah pembakaran lemak.
  • Meringankan gejala Diabetes Mellitus.
  • Meningkatkan penyerapan kalsium.
  • Mempertajam penglihatan dan memperbaiki fungsi penglihatan.
  • Meningkatkan fungsi hati dan menghentikan perkembangan sel-sel kanker.
  • Membantu dalam pengobatan penyakit Asma, Eksim, Psoriasis, dan Ketombe.
  • Dapat meringankan beberapa kasus Premenstrual Syndrome (PMS) pada wanita.

Untuk itu para ahli gizi dan medis menyarankan untuk mengkonsumsi minyak biji rami ini sedikitnya 1000 mg setiap hari, tiga kali sehari. Mereka berpendapat bahwa mengkonsumsi 30 gram minyak biji rami setiap hari sangatlah aman dan tanpa efek samping karena treatment pengobatan dan  pencegahan ini bersifat herbal. Perlu diketahui bahwa pengobatan herbal tidak secepat penyembuhan obat kimiawi, karena ia bersifat menyembuhkan bertahap namun jauh lebih aman dari efek samping.

sumber: https://simaksejenak.wordpress.com/2013/05/02/mengenal-biji-rami-flax-seed-oil-obat-herbal-kolesterol-dan-trigliserida-darah/